Artikel

10 Langkah Kunci Menulis Sales Letter

Sales letter merupakan tulisan pada website yang berfungsi untuk mempresentasikan produk anda kepada pengunjung/traffic sebaik mungkin sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk anda/mengkonversi penjualan. Karena sales letter bertugas mempresentasikan produk kita maka didesain sebaik mungkin dapat menarik hati konsumen. Sehingga akhirnya mereka mau memutuskan untuk membeli produk kita. Perlu diingat!, sebagus apapun produk anda, jika sales letter anda jelek maka konsumen tidak akan pernah tahu manfaat yang diperoleh dari produk anda. Oleh karena itu jika anda menulis sales letter, berpikirlah dari sudut pandang konsumen. Karena dengan begitu mereka akan tahu manfaat terbesar setelah memiliki produk anda. Sales letter menjadi penentu seberapa banyak pengunjung yang akan membeli produk yang anda jual.

Komponen dari sales letter ada 3 bagian, yakni :

  • Introduction = pengenalan
  • Body Copy= penawaran
  • Conclusion = kesimpulan

Berikut ini 10 Langkah Kunci Menulis Sales Letter :

  1. Headline: Headline haruslah singkat, padat dan jelas. Yang paling penting harus mampu menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat. Headline bertugas mengiring pengunjung untuk terus membaca sales letter. Harus cepat karena orang tak punya banyak waktu. Sekali headline anda gagal menarik perhatian, pasti efeknya terasa pada penjualan.
  2. Introduction. Setelah pengunjung tertarik dengan membaca headline yang kita tulis, selanjutnya lakukan pengenalan diri, apa latar belakang dan passion anda.
  3. Bangun Proxymity. Bangun kedekatan dengan calon pembeli produk anda. Caranya dengan meyakinkan mereka bahwa anda juga memiliki masalah yang sama. Jika yang anda tawarkan ebook training, maka jelaskan bahwa dulu anda juga mengalami kesulitan dengan mencari ebook training yang lengkap dan bermanfaat untuk bisnis online anda.
  4. Mulai Ajukan Solusi. Mulai sisipkan dalam bawah sadar target market anda mengenai solusi yang bisa ditempuh. Mungkin beli ebook, ikut training, dll.
  5. Informasikan Komposisi Produk dan Benefitnya. Jelaskan fitur apa saja yang mereka akan dapatkan dan jelaskan manfaat apa saja yang mereka dapatkan dari produk tersebut.
  6. Pencantuman harga. Rumus harga pergunakanlah ilmu penentuan harga yang secara psikologis membuat kesan tidak terlalu mahal. Itulah mengapa seorang internet marketer sebelum memberikan harga sebenarnya, ada harga coret. Sehingga memberi kesan pengunjung sangat untung dan sayang jika melewatkan penawaran ini. Masalah pembulatan harga, cukup penting diperhatikan bahwa secara psikologis calon pembeli lebih suka harga yang tampak menguntungkan. Misalnya Rp. 99.000,- lebih baik jika dibandingkan dengan mencantumkan harga Rp. 100.000,-
  7. Pasang CALL TO ACTION. Tombol beli sekarang, buy now, subscribe now,dll. Artinya, setelah pengunjung kita arahkan dengan penawaran yang sulit untuk ditolak, langsung berikan tombol untuk melakukan pembelian. Bisa tombol itu di linkan ke paypal, form order, atau strategi lain yang intinya langsung bantu calon customer melakukan transaksi.
  8. Kasih GARANSI. Hilangkan keraguan dari diri calon customer anda dengan garansi. Bisa garansi uang kembali jika tidak sukses dalam 30 hari, dll.
  9. Tambahkan bonus. Semua orang suka BONUS. Ya, semua orang suka jika dapat keuntungan tambahan. Cantumkan harga bonus yang anda berikan dan apa saja isinya. Tentu saja bonus harus berkaitan erat dengan produk yang anda jual. Dengan begitu calon customer anda nggak akan lari ke website orang lain.
  10. Lakukan Recap. Tulis pengulangan lagi secara singakat, totalan Value + Bonus berapa, Harga dan CALL TO ACTION lagi.

Tambahan dari 10 di atas yang juga penting, yakni : harus ada  Disclaimer. Penting menambahkan point disclaimer di bagian salesletter. Lalu juga bisa tambahakan sedikit FAQ (kayak tanya jawab singkat) mengenai hal hal yang mungkin sering ditanyakan berkaitan dengan penawaran anda.

Tipe dan Bahasa Headline Sales Letter

Headline memegang peranan penting dalam menciptakan sales letter yang menghipnotis. Headline haruslah memikat dengan komposisi kata-kata yang singkat, padat dan jelas karena headline harus menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat. Headline akan mengiring pengunjung membaca sales letter anda.

Ada 8 tipe headline yang bisa anda gunakan untuk sales letter :

  1. News Headline
    News Headline/headline berita digunakan untuk mengenalkan produk terbaru atau produk terbaru berikutnya. Misalnya menggunakan kata-kata “Memperkenalkan”, “Akhirnya Dirilis”, “Terbaru”.
  2. Guarantee Headline
    Guarantee Headline/headline jaminan yakni headline yang menyatakan manfaat dan jaminan hasil yang diinginkan. Misalnya : “Menghasilkan uang dari internet dalam 60 hari, Garansi uang kembali”, “Ampuh menurunkan berat badan dalam 2 minggu atau uang anda kembali dua kali lipat”.
  3. How to Headline
    Jenis headline ini memberikan informasi, saran dan solusi bagi calon customer anda. Menggunakan kata How to/Bagaimana, headline sederhana dan besar pengaruhnya. Misalnya : “Bagaimana menghasilkan uang dari internet?”
  4. Benefit Headline
    Benefit headline mengedepankan sisi manfaat. Dengan mengeteahui manfaatnya maka akan memotivasi pengunjung untuk mengambil tindakan. Fokus pada manfaat yang ditawarkan. Misalnya : “Meluruskan rambut anda dalam 10 menit”, “Membersihkan gigi dan menyegarkan nafas dalam 1 pasta gigi”.
  5. Quetions Headline

Quetions Headline/headline pertanyaan memberi efek menantang, provokatif dan menimbulkan rasa penasaran. Menggunakan kata “Apakah anda…”. Misalnya : “Apakah anda sudah mempersiapkan masa depan anak anda?”

  • Reason Why Headline

Reason Why Headline/headline alasan mengapa, cukup efektif karena mengandung fakta dan angka tertentu. Misalnya : “ 10 alasan mengapa wanita menyukai pria yang lebih dewasa”, “7 fakta mengapa anda harus ikut training online ini sekarang juga”.

  • Testimonial Headline

Menggunakan testimoni pelanggan untuk informasi utama. Ini mendapatkan perhatian pengunjung anda dengan berbicara tentang manfaat yang mereka terima. Misalnya : “Bagaimana saya menghasilkan 10 Juta dalam 1 bulan”.

  • Command Headline

Command Headline/headline perintah efektif dengan menggunakan kata kerja. Misalnya :”Berhenti Menjadi Penonton, Saatnya Anda Sukses”.

Pilihlah kata-kata yang menarik tapi jangan terlalu berlebihan. Boleh sedikit lebay karena sangat penting dalam marketing. Tapi, terlalu lebay justru membat orang sulit mempercayai apa yang anda tawarkan. Hindari menulis dengan huruf besar semua. Pilihlah kata-kata tertentu saja untuk penulisan dengan huruf besar. Penulisan dengan huruf besar semua justru mengurangi minat pengunjung anda. Headline begitu penting karena menjadi pintu gerbang pengunjung menuju sales letter anda. Headline harus mampu menghipnotis mengunjung anda untuk mengklik sales letter anda. Dari headlinelah mulanya terjadi proses penjualan. Headline yang anda buat harus cukup powerfull dan berkesan.

Kembali ke Atas